Kelas Bunda Sayang

Alhamdulillaah, setelah usai mengikuti Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional, tak lama kemudian saya masuk kelas selanjutnya yaitu Bunda Sayang.

Bunda Sayang ini dilaksanakan selama 12 bulan lho… Akan ada tugas/tantangan/games yang harus kami selesaikan di setiap bulannya, yaitu Tantangan 10 Hari. Beneran harus mempraktikkan ilmu yang sudah didapatkan, demi efektifnya pembelajaran. Kemudian dilaporkan dalam bentuk postingan di blog atau media sosial lainnya. Bila sebelumnya saya menuliskannya di akun Instagram saya, maka selanjutnya saya menuliskannya di blog ini saja.

Bulan pertama, materinya tentang Komunikasi Produktif. Dari 10 hari yang harus dilaporkan, saya hanya mengerjakan 3. Hiks. Ternyata beraaat ya, Sodara-sodaraaa… betapa mengubah kebiasaan buruk dalam komunikasi ini tidak mudah.

Berusaha mengatur intonasi, menahan oktaf suara, juga memilih kalimat yang tepat ketika berkomunikasi dengan anak-anak. Byuuuh, pantesan susah lha saya udah kebiasaan pake 12 Gaya Pengasuhan itu ; menyindir, mengancam, membandingkan, dan lain-laiiin sampe 12 poin. 😦

Kalau udah merasa down begitu, saya jadi mutung, ngga semangat lagi. Sampai di akhir bulan, saya curhat ke suami. Pengen cuti dulu dari kelas Bunda Sayang, pengen lariiii dari masalah. Masalah? iya, masalah saya dengan diri saya sendiri.

Sampai beliau mengingatkan saya, seberapa penting kelas ini untuk saya. Ya memang penting sih, saya masih harus banyak belajar untuk menjadi ibu yang baik. Saya juga ngga mau terus-terusan dalam kejahiliyahan pengasuhan. So saya memilih terus belajar di Bunda Sayang ini.

Bulan pertama kemarin masih “dimaafkan” bila masih belum konsisten praktik dan lapor. Bulan berikutnya diharapkan peserta kelas semakin rajin dan konsisten menulis.

Semangat !

Tinggalkan Balasan

