NiceHomeWork#9

Nice HomeWork#9

*BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN*

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :

*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana, lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

Bagaimana caranya? Isilah bagan-bagan di bawah ini:

Selamat menjadi agen perubahan, karena…

_Everyone is a Changemaker_

( Setiap orang adalah agen perubahan)

Sampai jumpa di perkuliahan Ibu Profesional selanjutnya untuk bisa lebih memahami secara detil matrikulasi IIP ini.

Salam,

/Tim Fasilitator IIP/


Bismillaah,

Sebenernya kegiatan sejenis ini sudah pernah saya coba lakukan. Namun tidak berlanjut, karena saya sudah mulai hopeless. Hehe.

Sebagai warga pendatang, saya ingin lebih mengenal lingkungan tempat tinggal saya, maka saya mengikuti arisan Ibu-ibu tingkat RW. Namun seiring berjalan waktu, saya merasa kurang nyaman disebabkan oleh adanya praktik riba pada sistem simpan-pinjam di arisan tersebut. Saya mencoba membuka diskusi mengenai itu, namun ibu-ibu merasa bahwa yang mereka lakukan adalah lumrah, toh semua anggota setuju. Yaaa, seperti itulah. Pinjaman berbunga.

Yang kedua, ketika Ulung mulai sekolah di Paud dekat rumah. Saya lihat, ibu-ibu di sana menunggu anak-anak dengan hanya ngobrol, makan-makan, rumpi-rumpi gitu deh. Jadi saya berinisiatif membawa buku dan majalah lama saya. Peminatnya sedikit, hihihi. Antusiasme membacanya juga kurang. Hanya 1-2 orang yang menyambut baik.

Namun sejak ada NHW#9 ini, saya berpikir untuk membawa majalah dan buku-buku lagi. Apalagi sekarang saya sudah semakin akrab juga dengan ibu-ibu itu. Ditambah lagi, di antara mereka ada yang berprofesi sebagai guru SBK. Sepertinya saya perlu mengajaknya bicara untuk do something different di Paud.

Berikutnya, sejak NHW#7, saya memutuskan untuk back to craft. Pertimbangannya adalah saya menjadi produsen pernik-pernik yang bisa dijual oleh anak khodimat saya, demi membantunya memperoleh tambahan penghasilan.

Saya belum bisa post tabel di blog, jadi NHW#9 saya, adalah :

  • Minat, Hobi, Ketertarikan :
    Craft
    Buku
  • Skill :
    Membuat Kreasi, Percaya diri, Komunikatif
  • Isu Sosial :
    Sampah
    Kurangnya minat baca

 

  • Masyarakat :
    Ibu-ibu dan Anak-anak di Paud, Khodimat

 

  • Ide Sosial :
    Sharing pembuatan kreasi berbahan sampah/ barang bekas, Menyediakan majalah dan buku-buku, Mendongeng / Membacakan buku.

 

Semoga Alloh Ta’ala memberikan kemudahan kepada saya dan Teman-teman melaksanakan NHW#9 ini yaa…

Tinggalkan Balasan

