Review NHW#7

NHW#7 ini adalah sesi Konfirmasi.

Belajar mengkonfirmasi ada yang sudah kami temukan, apa yang sudah kami baca, tentang Diri Kami Sendiri, melalui tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat. Namun perlu diingat bahwa menggunakan berbagai tools peta-bakat adalah sarana terakhir setelah kami menggunakan mata fisik dan mata batin kami untuk melihat dan membaca diri dengan jujur, sehingga kami dapat memahami tanda-tanda yang Alloh Ta’ala berikan agar kami dapat menjalankan peran produktif.

Kabar baiknya, latihan membaca diri ini menjadi berguna untuk kami menggali minat dan bakat anak-anak kami, dari aktifitas keseharian mereka, mengamati sifat-sifat dominan mereka, yang mungkin akan menjadi peran produktif mereka di kemudian hari (tanpa perlu berburu alat pemetaan bakat).

_________

Selanjutnya, di NHW7 saya mendapatkan peta Potensi Kekuatan saya.

Potensi Kekuatan adalah aktifitas yang saya SUKA melakukannya dan saya BISA dengan mudah melakukannya, hasilnya bagus dan produktif.

Mengapa ranah SUKA pertama kali ditekankan? Karena membuat BISA itu mudah, sedangkan membuat SUKA itu baru tantangan.

Setelah ranah SUKA dan BISA ini sudah menjadi “Enjoy, Easy and Excellent”, maka mulai mencoba ke ranah lain selama aktifitas itu masuk dalam kuadran BISA.

Apa saja kaaaaaahhhh?

Kuadran 1 : Aktivitas yang saya SUKA dan BISA : Craft, membaca buku, belajar bahasa (arab/inggris)

Kuadran 2 : Aktivitas yang saya SUKA tetapi saya TIDAK BISA : Mengemudikan mobil, menjahit menggunakan mesin jahit

Kuadran 3 : Aktivitas yang saya TIDAK SUKA tetapi saya BISA : Memasak

Kuadran 4: Aktivitas yang saya TIDAK SUKA dan TIDAK BISA : Mengatur/mencatat keuangan secara rapi

___

Ayo, Mama… semua menjadi semakin jelas. Semangattt!

 

Tinggalkan Balasan

