Hari Ini Mama Sudah…

Bismillaah

Pernah, ngga, merasa jengkel sama diri sendiri? merasa diri tak berharga?

Saya sering, hehehe. Kapan itu? Ketika saya merasa do nothing, padahal kan ya ngga bengong-bengong amat di rumah. Pengen berdaya guna, tapi penyakit moody-nya sering kambuh. Sigh.

Trus, saya ngga mau dong keadaan ini berlangsung selamanya. Saya ingin ada perubahan pada diri saya.

Oke, saatnya nengok-nengok pengalaman dulu-dulu. Ketika masih gadis dulu, saya suka mencatat to do list harian, misalnya di kantor saya akan ngerjain apa aja. Atau saya ada rencana pergi ke mana aja, beli apa aja. Ketika itu tercentang semua, rasanya bahagia dan puas. Kalaupun ada yang tidak tercentang, masih oke-oke aja toh lain hari masih bisa dilakukan.

Trus ketika udah berstatus stay at home mom, saya merasa kewalahan aja dengan kerjaan rumah tangga, yang justru rutin sifatnya. Karena saya terpaku pada rutinitas itulah, saya jadi agak kaku nih dalam menyikapi tercentang-tidaknya to do list saya. Kalau ngga banyak centang, saya jadi bete lagi. Huh…

Cukup sudah yaa diombang-ambing suasana hati.

Jadi saya menjadikan to do list saya menjadi seperti ini :

Alhamdulillaah. Selamat, Mama, hari ini sudah :

  1. Mencuci baju
  2. Memasak
  3. dst

Lalu, ngaruh ngga ke suasana hati? ngaruh banget sekaliiiii…! Hihihi. Meskipun tidak setiap hari juga saya mendadak jadi wonderwoman, namun tetap ada semangat untuk merasa berharga sepanjang hari itu.

Dahsyat ya efek yang ditimbulkan dari kata-kata yang positif, yang mengapresiasi sekecil apapun perbuatan. Saya tempel kertas berisi kegiatan saya hari itu di pintu lemari baju saya. Si Kakak melihat-lihat tapi ngga berkomentar apa-apa. Tapi saya tahu, dia akan mudah saya ajak menuliskan hal semacam ini juga untuk pembelajaran keluarga yang InsyaAllah akan saya terapkan, biidznillaah.

Jadi, saya berharga. Saya muslimah, berdaya guna. Alloh menciptakan saya untuk beribadah. Apapun pekerjaan rumah tangga, itu adalah ibadah, untuk mencari ridho Alloh.

 

Iklan

One thought on “Hari Ini Mama Sudah…

  1. Ping-balik: Review NHW #2 | MamaRay's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s