Muslim atau Muslimah

Kami sedang menonton acara Stand Up Comedy di televisi. Yang tampil adalah laki-laki bergitar. Bercuap-cuap lelucon sebentar, kemudian memasangkan sehelai selendang di kepalanya. Gaya bicaranya dibuat-buat seperti waria bergitar.

Hatiku sudah mulai gelisah melihat tayangan itu karena Kakak juga ikut melihat.

“Itu muslim atau muslimah?”, celetuknya.

Aku tidak tahu harus menjawab apa. Yang kulakukan hanya meminta Ayah memindah saluran.

Aku bersyukur, karena Kakak sudah mulai tahu, “perbedaan” laki-laki dan perempuan (lebih khususnya, Muslimah). Namun di sisi lain, aku sedih juga karena belum siap jawaban yang tepat untuk pertanyaan seperti itu.

Menurut pembaca sekalian, untuk pertanyaan sejenis itu bagaimana sebaiknya aku menjawab? 😦 (need heeeeelp)


mobile wordpress

3 thoughts on “Muslim atau Muslimah

  1. Mmmm …
    Susah juga ya menjelaskan hal ini …
    Kalau saya mungkin akan menjawab …
    “Si om bergitar itu lagi pura-pura aja Kak …
    kan namanya juga tontonan di TV, untuk hiburan”
    “Tapi kalo lagi beneran … kita nggak boleh begitu kak … Laki-laki ya jadi laki-laki … Perempuan ya jadi perempuan …”

    “Kakak laki-laki apa perempuan ?”
    Laki-laki Mah …
    Nah kalo gitu … jadilah laki-laki yang benar … !!!

    Mungkin begitu Mama Ray …
    (kita tunggu komentar pakarnya ya Bu, yang pasti lebih mengetahui bagaimana menghandel pertanyaan ini …)

    Salam saya


    re : haaaa… sepertinya jawaban Om NH cukup mencerahkan… makasih banyak ya Om… πŸ™‚
    Iya nih, saya nunggu komen Mba Devi tapi belum nongol. hihi πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

