ASI

Tahu ga? Bisa memberikan ASI-Ex itu suatu perjuangan buat ibu bekerja.

Yang harus disiapkan adalah… yang pertama dan utama, niat! Supaya punya niat memberikan ASI-Ex, ketahui dulu apa manfaat ASI bagi bayi, monggo dicek di sini, di situ, juga di sana (dan masih banyak lagi informasi mengenai keunggulan ASI di internet). Kalo sudah tahu, pasang niat kuat di hati ya, untuk tetap memberikan ASI, meskipun ibu kembali bekerja.

Niat udah ada nih, sekarang cari tahu caranya supaya bisa tetap memberikan ASI meskipun ibu kembali bekerja. Intinya ada 2 hal yang harus dilakukan, yaitu memerah ASI dan menabung ASI Perah (ASIP) sebelum kembali bekerja dan selama berada di tempat kerja.

Hah, ribet yaa..? Aaah, enggak koooq… kan udah ada niat. Ada kemauan, pasti ada jalan.

Trus, cari tahu tentang teknik memerah ASI dan menabung ASIP. Di internet udah bertebaran tuh informasinya, salah satunya adalah milis asiforbaby.

Selama masa menyusui, pergi ke kantor pasti mbawa “peralatan perang”. Cooler bag plus Ice gel, sapu tangan, dan 4-6 botol ASIP. Saya ngga bawa pompa ASI karena saya memompa dengan tangan. ASIP saya simpan di kulkas. Alhamdulillaah ada kulkas di kantor, jd cooler bag dan ice gelnya digunakan saat dalam perjalanan pulang kantor saja (1-1.5 jam).

Hambatannya apa? Hambatan terbesarnya adalah ketika semangat memerahnya menurun karena sedang diburu pekerjaan, atau karena memang sedang malas. Hehe. Alhamdulillaah ada teman-teman seperjuangan, bisa saling menyemangati. Atau, bayangkan saja wajah bayi kita di rumah, ah dia sedang menanti, merindukan kita, dia butuh kita karena (tentu) makanan dia ada di kita. Hehe. Ga tega kan kalo harus menggantinya dengan susu sapi???

Jadi, ibu bekerja dan ingin memberikan ASI-Ex? Bisa banget…!!

Iklan

5 thoughts on “ASI

  1. semua pasti bisa ya bun asal niat yang besar dan juga dukungan orang terdekat. apalagi FTM ya ASI itu harus πŸ™‚

    re : iya, FTM lebih mudah, Bun… πŸ™‚ yang penting kesadaran aja, karena ada yang fulltimemom tapi ga kasih ASI πŸ™‚

    Suka

  2. Memang dasar dari semua itu adalah … NIAT yang kuat
    Sebab tanpa itu …
    niscaya peralatan dan fasilitas komplit sekalipun … akan sia-sia

    Hidup ASI Eksklusif
    (saya ikut mendukung …)

    Salam saya

    re : hidup…! Makasih Om… Memang di kantor belum ada ruang khusus laktasi, tapi kami punya pojok laktasi darurat, alhamdulillaah cukup nyaman πŸ™‚

    Suka

  3. Waktu magang dulu, ada mbak-mbak pegawai yang tiap pagi rajin nabung ASI,,
    Salut saya, perjuangan seorang ibu untuk anak2nya memang tidak mudah
    semoga saya nanti juga bisa jadi Supermom,, walau bekerja masih tetap bisa memenuhi kebutuhan anak

    re : amiin… cita-cita mulia, Dik…
    pas magang di mana, Amela…? πŸ™‚

    Suka

  4. Pangkalan darurat yang terpaksa nyaman, yang kalau ada yang buka pintu akan diteriakin “sapa tuuuh….”
    wwkwkwkwkwkwk…

    re : masa-masa yang seru… hihi πŸ˜€

    Suka

  5. wah..hebat! meres ASI pke tangan. dr dulu aku coba2 koq ga bs ya, jdnya pke pompa elektrik deh! (knp ya, ada perasaan, klu pke tangan kan lebih alami, jd mesti nutrisinya lbh baik ketimbang yg diperas pke pompa elektrik, apa ini hanya sugesti sj?!)

    re : alhamdulillaah diberi kemudahan sama Allah, Jumi πŸ™‚
    kalo soal nutrisi sama saja, Jumi, InsyaAllah πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s