~Nugget Tarame (Gagal Ikut Lomba)

Hari Jum’at pagi, membaca postingan Mbak Imelda di TE, tentang tantangan memasak oleh Pakdhe Cholik di sini, aku jadi pengen ikut (pede abiss lah pokoknya hahahha). Tidak perduli bisa dapat hadiah atau tidak, yang penting unjuk gigi πŸ˜€

Jum’at malam uji coba online di rumah. Beuh, susahnya bukan main! Buka admin blog untuk nyicil postingan juga ga bisa! Loading lama benerr… “Try reloading the page” terus deh… Hh, sudah mulai lemas tak bertenaga buat ikutan lomba… hiks.

Sabtu pagi ke pasar Enjo dekat rumah, seperti biasa belanja mingguan. Karena Ayah sedang memanjakan diri dengan ikut rafting di Citatih dengan kawan-kawan SMAnya, aku pergi berdua saja sama Si Kakak, Ray. Dia selalu ikut bila kami belanja ke pasar.

Jam 10 lewat, mulai memasak untuk makan siang. Meskipun udah tidak terlalu semangat buat ikut lomba masak itu, tetep aku akan memasak Nugget Tarame ini, dan akan mengambil gambarnya juga, itung-itung buat nambah postingan hehehe. Bentuk dan cara membuatnya seperti Perkedel, tapi kukasih nama Nugget aja, biar terlihat lebih ‘masa kini’ hahaha.

Bahan utamanya tahu dan ikan gurame (makanya dikasih nama Tarame, ngawur bin ngasal πŸ˜€ ), plus irisan wortel dan jagung manis, biar ada sayurannya.

Bahan :

  • 2 potong ikan gurame
  • tahu putih
  • wortel iris kecil-kecil
  • jagung muda cincang
  • tepung panir
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :

  • bawang goreng
  • 3 siung bawang putih
  • garam
  • merica bubuk

Cara membuat :

  1. Rebus/kukus ikan, matang, ambil dagingnya saja (hati-hati tulangnya ikut)
  2. Haluskan bumbu, masukkan tahu, haluskan kembali.
  3. Masukkan daging ikan ke adonan tahu
  4. Campur wortel dan jagung yang sudah dicincang ke dalam adonan tahu-ikan sampai merata
  5. Bentuk bulat lonjong adonan (dengan bantuan sendok)
  6. Masukkan ke dalam telur kocok
  7. Gulingkan ke tepung panir sampai merata
  8. Goreng hingga berwarna kuning keemasan

siap santap

Bentuknya mengingatkan kepada nugget ayam yang dijual di supermarket. Ada kalanya anak-anak (teman) suka makan ‘nugget siap goreng’ itu, tanpa sayur! Banyak kan anak yang tidak suka sayur…Β  Makanya Nugget Tarame ini dicampur sayuran, kecil-kecil, tidak terlalu tampak, anak-anak pasti tidak tahu kalau di dalamnya ada sayurannya πŸ™‚ Cocok juga untuk bekal sekolah anak-anak!

Menu ini sering hadir di meja makan kami. Raynar dan Affan suka sekali!.

Dan memang, aku gagal posting ikutan lombanya Pakdhe Cholik karena aku tidak sempat lagi menyentuh laptop di rumah. Tapi lahapnya anak-anakku makan, mengobarkan semangat memasakku, meskipun aku tidak mendapat hadiah buku dari Pakdhe (yeee…emang bakalan menang??? pede amat!Β  wahahahha)

Iklan

27 thoughts on “~Nugget Tarame (Gagal Ikut Lomba)

  1. hahaha …
    Virus pak De Cholik sudah sampai sini rupanya …
    Maju terus Mama Ray

    (saya terima mencicipi saja …)

    Dan setuju saya dengan bang Imoe …
    Keknya enak nih …

    Salam saya

    Suka

    • Salam kenal juga… iya nih, saya sudah ketularan… πŸ™‚ kalo saya mampir ke rumah (Mas Udien? Mas Roy?) , gak takut ketularan juga kan? hiiii…

      Suka

  2. Asalamualaikum…
    Salam kenal buat mamaray..

    waah, ikutan lomba masak pa dhe juga yaa? ibu saya sebenarnya mau ikut,, tapi sayang beliau tdak punya blog.. hihi..

    Suka

    • ‘Alaykumussalaam…
      Salam kenal juga Mas Tupaitambun… (beneran nih??)

      Gak ikut lomba kok Mas, saya sudah terlambat.
      Eh, sekarang kan sedang ada lomba untuk yang laki-laki tuh Mas, ikut aja, resep dari Ibu… ok kan sarannya… hehee

      Suka

  3. Siang semua, saya datang berkujung untuk meninggalkan komentar
    Rabu 11 November 2009

    Sekarang pakai istilah narablog ya kawan kawan semua, jangan pakai istilah blogger. Karena kita adalah warga negara Indonesia yang baik, sehingga harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

    Suka

  4. (tanpa sengaja komen dari omiyan ini terhapus… maaf ya omiyan… kira-kira komen omiyan adalah) tapi di rumah mama udah jadi juara hehehe…

    Suka

  5. gurame mah mahhalll…ganti ma patin bole kah?…hehehe…biar irit geto, dan kandungan omega 3 nya kan mantap juga…dan jadi kaidean ngasih sayur buat anak2…salam sayang buat mama dan KK Ray dari bandung selatan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s