(masih) suka ngopi

Aku sudah tidak ingat kapan aku mulai minum kopi. Mungkin ketika aku mulai hidup di rantau, tahun 2000. Belajar tengah malam menghadapi ujian semester (salah sendiri belajarnya menganut Sistem Kebut Semalam, SKS), aku minum kopi untuk mengusir rasa kantuk. Bukan kopi item sih, cuma kopi 3 in 1, tapi kan tetep kopi.

Sampai saat ini aku masih suka ngopi, ya itu, masih kopi 3 in 1. Kadang pengen menghentikan kebiasaan ini, tapi masih sering kangen kalo udah lama ga minum kopi (udah ketagihan kah?). Β Apalagi seorang teman semasa kuliah kadang ngajak ngopi via chatting, “a cup of coffee?” πŸ™‚

Hanya sewaktu hamil dan menyusui aku kuat-kuat ngerem kebiasaan ini. Bagaimanapun nikmatnya kopi, tetep aja ada kafein yang kalo dikonsumsi berlebihan malah kurang bagus buat kesehatan. Ini nih beberapa diantara efek negatif kopi (dari berbagai sumber) :

  • kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bia dikonsumsi dalam jumlah berlebihan
  • minum terlalu banyak kopi dapat meningkatkan kemungkinan untuk terkena serangan jantung
  • perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat meningkatkan risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis)
  • bayi yang ibunya terlalu banyak minum kopi ketika hamil mempunyai risiko tinggi terkena epilepsi (duh serem ya…)
  • kopi dapat mengganggu saluran pencernaan dengan meningkatkan kadar keasaman perut sehingga menyebabkan timbulnya luka pada dinding saluran pencernaan (makanya orang yang sakit maag ga boleh minum kopi)

Namun demikian, aku (masih) suka ngopi… *ngeyel πŸ˜€

Iklan

8 thoughts on “(masih) suka ngopi

  1. Kopi ???
    Dulu saya pengopi berat …
    Tetapi … sejak 4 tahun terakhir … saya tidak ngopi lagi …
    Beralih menjadi …

    PengeTEH berat … πŸ™‚

    Viva TEA …

    Salam saya

    Suka

  2. sama kok mamaray….
    aku juga pengopi berat
    dan karena asi ku ngga keluar dulu, jadi belum pernah rehat dari kopi hihihi

    kecuali…lagi sakit perut/maag…ganti teh fruity deh

    salam kenal ya…trims sudah berkunjung ke TE

    EM

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s