Berhasil bikin Amris, yippii…

Gara-gara baca blog teman yang nampilin banner Natural Cooking Club (NCC), aku jadi penasaran, apa sih itu NCC.

Setelah baca-baca bentar, iseng ikut milisnya. Wew, milisnya aktif sekali! Setiap hari ada banyak e-mail yang kuterima. Selain baca-baca isi e-mail, tak lupa aku melirik blog-blog member NCC yang ngobrol di milis. Duuh, lebih banyak di blogspot ya… hiks, padahal di kantor aku ga bisa blogspot 😦 , dan yang di wordpress bisa dihitung dengan jari.

Dari beberapa blog NCC-ers (ini istilah intern), yang pertama aku kunjungi dan membuatku seneng adalah blog Apricot karena aku berhasil bikin American Risoles πŸ˜€ (Terima kasih ya Apricotcake…)

Aku masih berpikir mengapa dinamakan American Risoles. Apakah karena Risoles yang ini berisi daging asap dan keju (identik dengan makanan Barat)?

Berikut ini resep (dari Apricotcake) dengan sedikit tambahan :

American Risoles

#Penulis : Fatmah Bahalwan (salah satu pengajar di NCC)

Bahan Kulit :

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 3 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm mentega, lelehkan
  • margarin untuk olesan
  • 1 sdm tepung kanji (ini tambahan dariku, supaya kulit Risoles tidak mudah pecah)

Bahan Isi :

  • 4 lembar smoked beef (daging asap), potong kecil 1×3 cm
  • 100 gr keju cheddar parut (ini aku ganti keju Kraft Quick Melt, dipotong balok panjang)
  • 4 btr telur rebus, potong-potong
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 250 gr tepung panir
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat kulit :

  1. Ayak terigu, taruh dalam wadah, tambahkan garam. Buat lubang di tengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi licin dan halus
  3. Susu habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit (jujur aku tidak paham mengapa harus didiamkan hehehe)
  5. Olesi wajan dadar berdiameter 12 cm dengan margarin, panaskan.
  6. Tuangi 1 sendok adonan (aku pake sendok sayur), ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Penyelesaian :

  1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan daging asap, potongan telur rebus, potongan keju, lipat seperti amplop (gulung). Sisihkan. Lakukan hingga adonan kulit habis.
  2. Celupkan risoles ke dalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  3. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira selama 1 jam (biasanya aku malah langsung goreng, udah ga tahan pengen makan hihihii).
  4. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  5. Sajikan dengan saos cabe atau cabe rawit.

Amrisfotonya masih amatir

Tetangga yang ikut nyicipin bilang enak, bahkan si kecil Affan doyan banget lho. Terima kasih ya, Mama jadi semangat berpetualang di dapur, Nak… πŸ™‚

7 thoughts on “Berhasil bikin Amris, yippii…

    • πŸ˜€ wehehehe… tapi kan ga ada “rasa”nya : rasa cinta, rasa syukur, bahagia de el el… tapi, ngomong-ngomong, mbak devi beli di mana??

      Suka

    • Iya, Mbak… hehhee… kalo Dikau anggota pasif, aku anggota apa dong, lha wong aku cuma nonton doang, nyoba-nyoba resep juga baru 1 kali… super-pasif ‘kali ya… hehehee…. πŸ˜€

      Suka

  1. samaan, resep yg aku coba pertama kali dari NCC, ya si american risoles ini.
    Berkali-kali bikin, gak pernah gagal, dan gak pernah bersisa..he..he

    siip…!
    salam kenal, Mbak… terima kasih sudah mampir… πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

