Balik lagi…. senengnyaa….!

Setiap kali lebaran, hatiku diliputi kecemasan… ini tentang asisten rumah tangga. Sudah tiga kali lebaran, asisten pulang kampung, terus nggak balik lagi. Akhirnya kan nyari lagi, nyari lagi. Capek hati karena harus adaptasi lagi, kasihan anak-anak….

Salah satu konsekuensi menjadi ibu bekerja adalah mencari asisten buat njaga anak-anak selama ditinggal kerja, kalo tidak ada saudara yang bisa bantu-bantu njaga. Dan itu berarti harus siap-siap sedih dan capek hati kalo asisten tidak seperti yang diharapkan.

Tak jarang, pas lebaran, mereka mudik dan gak balik lagi ke rumah, alias kabur. Meninggalkan kita yang ga bisa berbuat apa-apa buat meminta tanggung jawab mereka. Itulah makanya ada majikan yang menahan sebagian gaji mereka sebagai pancingan supaya mereka balik lagi. Tapi aku tidak setega itu sama asisten-asistenku. Tiap awal bulan, aku berikan gaji mereka. Aku takut disebut mendholimi mereka, takut Allah SWT gak suka.

Dan Alhamdulillaah lebaran kali ini aku bahagia karena mereka bersedia balik kerja di rumahku, njaga anak-anakku. Sementara teman-teman lain pusing karena asisten mereka gak balik, aku bersyukur karena aku tidak. Alhamdulillaah… Terima kasih, ya, Allah, atas kemudahan-kemudahan yang kau berikan kepadaku dan keluargaku… ajari kami untuk menjadi majikan dan orang tua yang baik dan amanah bagi mereka… amiin…

2 thoughts on “Balik lagi…. senengnyaa….!

  1. salam kenal mba, ikut seneng baca postingannya meski asisten kami ga (kami minta) balik krn kami krg sreg dgn kelakuannya. jd skrn sdg hunting asisten, ada rekomendasi penyedia asisten ga mba? tq πŸ™‚

    Suka

    • Salam kenal juga Mbak Echa… terima kasih atas kunjungannya. Sabar ya Mbak, semoga Allah segera mengirimkan pengganti yang lebih baik, amiin. Tentang yayasan penyedia asisten dan pengasuh anak, saya kurang paham… (mohon maaf)

      Suka

Tinggalkan Balasan

